Mengembangkan Ide Menjadi Tulisan Marketing (1)
Mar 25, 2009
Beberapa kiat dapat dijadikan acuan bagi Mereka yang ingin mulai mencoba menulis sebuah tulisan, terutama artikel populer, antara lain:
1. Fokus pada bidang yang dikuasai
Contoh di bidang pemasaran; disiplin ilmu pemasaran ini menurunkan ragam cabang disiplin kekhususan, mulai dari product management, promotion strategy, pricing strategy, distribution strategy, service management, sales management, ataupun corporate social responsibility dilihat dari aspek pemasaran. Seorang penulis dapat fokus pada salah satu dari disiplin ilmu tersebut. Dalami keilmuan yang dimiliki dengan membaca buku-buku disiplin ilmu tersebut, bisa juga kedalaman pemahaman dari disiplin ilmu tersebut diperoleh dari pengalaman sebagai profesional; sehingga dengan fokus pada disiplin ilmu tersebut memungkinkan kelak akan menjadi penulis profesional dibidangnya.
2. Mulai dari ide yang menarik
Mulailah dari ide yang menarik. Menarik di sini adalah dapat menimbulkan kesan, memberikan inspirasi, dan memberikan pengetahuan baru bagi pembaca. Penulisan mengenai merek-merek lokal yang bersaing dengan produk global bisa di mulai dari contoh sebuah studi kasus. Seperti, mengapa minuman limunSaparela, kini telah menghilang akibat gempuran merek-merek global seperti Coca-Cola atau Pepsi.
3. Tulis apa yang dipikirkan
Mulailah tulis apa yang terbenak dipikiran, apapun, ya apapun. Dengan bidang spesifik yang dikuasai, mungkin Anda mulai menulis, dengan cara bercerita. Layaknya sedang bercerita kepada orang lain tentang suatu peristiwa atau kejadian tertentu. Sehingga dengan cerita tersebut, pembaca diajak mengikuti alur-alur peristiwa yang ditulis oleh penulis dengan santai dan larut dalam cerita tersebut.
Baca Selengkapnya>> Mengembangkan Ide Menjadi Tulisan Marketing (2)
Sumber : Marketing.co.id - Antoni Ludfi Arifin
1. Fokus pada bidang yang dikuasai
Contoh di bidang pemasaran; disiplin ilmu pemasaran ini menurunkan ragam cabang disiplin kekhususan, mulai dari product management, promotion strategy, pricing strategy, distribution strategy, service management, sales management, ataupun corporate social responsibility dilihat dari aspek pemasaran. Seorang penulis dapat fokus pada salah satu dari disiplin ilmu tersebut. Dalami keilmuan yang dimiliki dengan membaca buku-buku disiplin ilmu tersebut, bisa juga kedalaman pemahaman dari disiplin ilmu tersebut diperoleh dari pengalaman sebagai profesional; sehingga dengan fokus pada disiplin ilmu tersebut memungkinkan kelak akan menjadi penulis profesional dibidangnya.
2. Mulai dari ide yang menarik
Mulailah dari ide yang menarik. Menarik di sini adalah dapat menimbulkan kesan, memberikan inspirasi, dan memberikan pengetahuan baru bagi pembaca. Penulisan mengenai merek-merek lokal yang bersaing dengan produk global bisa di mulai dari contoh sebuah studi kasus. Seperti, mengapa minuman limunSaparela, kini telah menghilang akibat gempuran merek-merek global seperti Coca-Cola atau Pepsi.
3. Tulis apa yang dipikirkan
Mulailah tulis apa yang terbenak dipikiran, apapun, ya apapun. Dengan bidang spesifik yang dikuasai, mungkin Anda mulai menulis, dengan cara bercerita. Layaknya sedang bercerita kepada orang lain tentang suatu peristiwa atau kejadian tertentu. Sehingga dengan cerita tersebut, pembaca diajak mengikuti alur-alur peristiwa yang ditulis oleh penulis dengan santai dan larut dalam cerita tersebut.
Baca Selengkapnya>> Mengembangkan Ide Menjadi Tulisan Marketing (2)
Sumber : Marketing.co.id - Antoni Ludfi Arifin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar